Forget a big thing, start with a small thing

Segala sesuatunya berasal dari sesuatu yang kecil, contohnya manusia, hewan, tumbuhan, apalagi? otot, cinta #eh hahaha. iyalah, gak ada yang langsung tiba-tiba besar, semua bermula dari yang kecil, setelah di asah atau diproses secara kontinyu barulah menjadi besar.

Orang yang pinter, itu bukan tiba-tiba aja gitu pinter tanpa belajar. Orang yang pinter itu dulu nya gatau apa-apa juga, sampe akhirnya dia belajar, nah otak nya membuat jaringan neuron-neuron yang baru, hingga akhirnya bersatu dengan yang lain, dan paham tentang sesuatu.

Conto lain, Cinta nih, gamungkin kalau orang baru ketemu gitu langsung cinta, pasti ya berbuat baik dulu, atau apa dulu gitu lah yang akhirnya jadi cinta. ya kan?

ya emang begitu, jadi mulai dari sekarang jangan meremehkan sesuatu yang kecil. apapun itu.

tentang pelajaran misalnya, ah pelajaran ini mah gampang, jadi selow aja. Nah disaat meremehkan kaya gitu tuh, biasanya ada-ada aja hahha, entah nilai nya tiba2 jelek atau gak sesuai harapan, intinya hasilnya gak akan maksimal deh. karna kita udah berfikir sesuatu itu gak terlalu penting. Contoh lain, berbuat baik sama orang, walau kecil, tapi jangan ngeremehin loh, bisa aja di perbuatan baik kita yang kecil itu malah orang itu merasa terbantu sekali.

ini ada kaitannya nih dengan membangun karakter dan cita-cita, karakter kan berasal dari kebiasaan sehari-hari ya, tekadang kita bilang aja gitu pengen ini itu yang besar, tapi kita melupakan step yang kecil nya.

kebiasaan itu harus dibangun dari yang kecil ternyata. kalau mau tiba-tiba gara-gara saking excited nya langsung di geber, misalnya, pengen badan nya gede, langsung lah dia push up sehari 50 kali, yakin tuh pasti bertahan satu atau dua hari doang kalau gada motivasi yang kuat. mulai lah dari yang sedikit dulu, push up lah 2 kali setelah bangun tidur misalnya. atau abis pipis push up 1 kali hahaha. contoh lain, misal ngaji satu juz, wah kalau yang gak kebiasa dan gada motivasi mah susah untuk dijadiin kebiasaan, makaya dimulai dari satu halaman dulu abis magrib, terus misal udah stabil, baru nambah lagi dua halaman, dan berikutnya.jadi ini pelajaran yang sangat berharga sekali bagi gw.

kan katanya, Allah menyukai yang konsisten walaupun sedikit. ternyata bener. emang begitu cara memulainya, nikmati setiap proses, sabar.

Secangkir Kopi di Pagi Hari

Hai, apa kabar kamu? cieelah soksokan kamu segala, dasar jomblo hahaha.

Kita buka pagi hari ini dengan secangkir kopi diiringi alunan lagu-lagu lembut playlist spotify #yeey

Hari ini lagi liburan nih guys disini, jadi yaa lumayan agak sedikit nganggur lah, walau banyak kerjaan yang belom selesai.. Kali ini saya akan menulis sedikit nih tentang “pagi”. Pagi hari dimana biasanya sebagian besar anak muda masih terlelap di alam mimpi. Padahal bangun pagi dan menyibukan diri di pagi hari itu penting loh guys. Selain bagus untuk kesehatan, kalau bagi saya sih pagi hari itu penentu mood di hari itu. Karena kalau mood saya lagi up up nya, biasanya pagi harinya produktif. Tapi kalau lagi gak ada inspirasi dan motivasi, kebluk pisan, bangun sholat subuh doang terus tidur lagi ampe siang wkwk.

Tapi ada satu yang saya heran, setelah mengamati beberapa orang, kenapa perbedaan generasi, punya kebiasaan pagi yang berbeda. Nih contohnya, generasi ibu-ibu kita, biasanya pagi-pagi tuh udah bangun dan langsung melakukan kegiatan, ada yang beres-beres rumah, ada yang langsung kerja, kayak gak ada rasa males gitu disetiap paginya. Bener gak? Tapi kalau melihat ke generasi kita sekarang, kebanyakan anak muda baru mulai kegiatannya di siang hari. Pagi harinya dipakai untuk leha-leha di tempat tidur. Saya nulis seperti ini karna saya terkadang kebiasaan begini juga haha. Saya mengamati teman-teman saya, bahkan generasi adik saya juga begini. Suatu kebiasaan yang gak bagus dan harus dirubah sih sebenernya. Mungkin kebiasaan tidur malam nya juga mempengaruhi aktivitas di pagi hari.

Kadang kan ngeliat makcik-makcik cleaner, subuh-subuh itu udah mulai berdatangan dan langsung kerja ngebersihin mahallah. Kayak gak pernah males gitu,Β apa mungkin karna mereka udah punya tanggungan yang ngebuat mereka terpaksa ngelakuin itu. Yah tapi emang gitu sih, kalau gak dipaksa, terkadang gaakan ada pencapaian.

Tapi, terlepas itu semua, tidur pagi tuh enakk sih gak boong hahaha. Kesini-kesini tapi harus sedikit dirubah lah demi mencetak generasi yang berkualitas #tsaah

Pengen nulis aja hehe :D

hay sobat-sobat semua, piye kabare ? bae-bae wae yoo ? Alhamdulillah, hari ini gw lagi seneng bet sob, soalnye ujian udah pada kelar semua hahha hmm ujian terberat sih selama ini, masalahnya ada dua subject yang susah giler dalam satu hari -__- ampe puasa hape, puasa hati dan puasa segala rupa dah. Bukan kenapa, ini semua masalah TANGGUNG JAWAB coy #tsaaah, mulai kerasukan mario teguh lagi si epan hahaha satu hal terpenting yang alhamdulillah dengan izin Allah gw merasakan pentingnya itu tanggung jawab.

ada sih yang nanya, kok lu rajin amat sih tiap hari ke library, ebuset semuanya juga tiap hari ke library kali hahaha. ya semuanya punya motivasi yang berbeda-beda tentunya. ada yang rajin karna Β emang orangnya rajin, ada yg emang perfectionist, ada yang emang pengen dapet nilai bagus, ada yg apa lagi ? nah ada juga yang karena tanggung jawab. gw gabilang gw rajin karna tanggung jawab sih, gw mah gabungan aja, tapi yang lebih menguasai otak dan hati gw mungkin ya ini. kenapa ? kenapa ya, gatau juga sih gw cuma ga mau ngecewain orang tua gw, adik gw, soadara2 gw, orang2 terdekat gw, keluarga gw selalu support apa aja yg gw lakuin selama itu baik buat gw, termasuk kuliah disini. Alhamdulillah banget orang tua gw mampu dan mau nyupport gw. diluar sana, masih banyak loh yang masih susah buat bayaran 😦 masih susah buat dapet support dari orang tua 😦 dan segala permasalahan lainnya, maka dari itu kita harus syukuri dan maksimalkan segala yang ada dan tentunya kalo udah segalanya mudah ya tanggung jawab ngejalaninnya πŸ™‚

ya bokap nyari duit buat elu, elu disekolahin, lah apa tanggung jawab lu ? ya belajar yang bener lah, mumpung masih muda, masih banyak kesempatan, jangan sampe nyesel, nyesel mah datengnya di akhiir. Selalu berikan yang terbaik guys dalam melakukan apapun, gw baru ngerti ini pas di kelas hahaha berikan yang terbaik, biar Allah yang menentukan hasilnya πŸ™‚ Salah waktu nih gw nulisnya ya, harusnya pas lagi ujian, tapi sibuk pisan kemaren.

Nah makanya, sungguh-sungguh kalo punya tujuan, tanggung jawab dan serius, dan satu yang terpenting, hindari apa-apa yang bisa membuat lu terjerumus dan merapuhkan komitmen lu. contohnya, lagi ujian, yauda jangan maen hape meluluu. biar serius belajar, yauda distop dulu pacarannya #tsaah hahaha. oiya eh, satu lagi, berkumpulah sama orang-orang yang soleh dan rajin, karna mereka akan jadi pengkontrol lu, saat lu lagi belok, mereka pasti akan ngebenerinnya πŸ™‚

maksimalkan semua kesempatan yang ada, berikan prioritas dan tanggung jawab menjalaninya πŸ™‚

oiya ih, gw teh nulis gini bukan sok ngajarin ato sok apaan, ini mah sebagai sel reminder buat diri gw sendiri, yang kali aja bermanfaat juga bagi orang lain πŸ™‚ hidup itu cuma sekali dan harus menginspirasi πŸ™‚

5 Juni 2014, my beloved room siddiq f3.4